Senin , Januari 30 2023

Pangdam Hasanuddin : Aparatur Desa Harus Maksimal Dalam Melaksanakan Tugas

Makassar -TEROBOSNUSANTARA.COM- Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin menghadiri pembukaan kegiatan “Capacity Building Kepala Desa Se-Sulawesi Selatan” dalam rangka Hari Jadi ke-353 Tahun Provinsi Sulawesi Selatan, bertempat di Hotel Dalton, Makassar. Selasa (29/11/2022).

Kegiatan ini digagas oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T., merupakan salah satu bentuk sarana silaturahmi dengan seluruh Kepala Desa se-Sulsel, dihadiri sekitar 2.266 orang Aparat Desa.

Pangdam Hasanuddin pada kesempatan ini sekaligus selaku Narasumber. Orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini menuturkan bahwa Babinsa akan selalu siap dalam mendukung sosial budaya di desa, sesuai dengan bagaimana sinergitas antara Kepala Desa, Babinsa dan Binmas yang sejalan dan searah dalam membangun desa karena menurutnya potensi desa dapat dikelola dengan baik jika dari unsur Babinsa, Binmas dapat berkolaborasi.

“Tugas Babinsa melatih Wanra, memimpin Wanra di pedesaan, memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, memberikan penyuluhan pembangunan desa di bidang pertahanan keamanan negara. Hubungan Babinsa dengan Kepala Desa senantiasa menangani masalah di desa, sehingga menjaga kondisi desa selalu Happy,” Tuturnya.

“Tugas Tripilar Desa secara umum yaitu mewujudkan semua program desa berjalan dengan lancar aman sesuai dengan aturan dan bermanfaat untuk masyarakat secara khusus dalam pembinanya sesuai dengan fungsi masing-masing kemudian permasalah di desa pasti ada dan kita tidak bisa menghindari, namun semua itu bisa kita lalui dengan kerjasama dengan baik, bergotong royong dengan tokoh masyarakat serta tokoh agama,” Lanjutnya.

Di akhir materinya Mayjen Totok berpesan kepada para Kepala Desa agar dapat menjadi Kepala Desa yang kehadirannya dirindukan oleh masyarakat, menjadi contoh dalam pola pikir, pola ucap, pola tindak dalam kehidupan bermasyarakat, menjalin kebersamaan, tidak egois, mengimplementasikan slogan 6 K Di Hati Kita (Karakter, Kapabel, Kontemporer, Kompak, Kesemestaan dan Kerakyatan), serta jangan pernah lelah untuk terus mengabdi kepada NKRI tercinta.

Usai kegiatan, Jenderal bintang dua ini membeberkan bahwa bagi Kepala Desa yang mendapat penghargaan sebagai Desa Mandiri, Babinsanya akan mendapatkan pemberian cendramata/penghargaan dari Pangdam XIV/Hasanuddin yakni sabanyak 17 Desa se-Provinsi Sulsel.

Turut hadir, Kepala Dinas Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel, Kajati Sulsel, Dirjen PDP Kemendes dan Diskrimsus Polda Sulsel. (Hms/Red)

About Admin Redaksi

Check Also

Polres Sidrap Bakal Hadirkan Bhayangkara 77 Color Run Berhadiah Umroh dan Motor 

SIDRAP -TEROBOSNUSANTARA.COM- Salah satu event kemeriahan bertajuk Bhayangkara 77 Colour Run bakal hadir di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *