NEWS  

Kodam Hasanuddin Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menpora Ajak Tingkatkan Semangat Bangun Bangsa

Makassar -TEROBOSNUSANTARA.COM- Dalam rangka memperinganti Hari Sumpah Pemuda, Pangdam XIV/Hasanuddin diwakili Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Danny Budiyanto memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, dengan tema β€œBersatu Bangun Bangsa”, digelar di lapangan M. Yusuf Makodam, Makassar. Jumat (28/10/2022).

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang dibacakan oleh Kasdam menuturkan bahwa peringatan hari sumpah pemuda merupakan suatu upaya pembelajaran untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

β€œPeringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” Ungkapnya.

β€œPeran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” Sambungnya.

Lebih lanjut Zainudin Amali mengatakan bahwa Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah β€œBersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” Ungkapnya.

Menpora juga mengajak para pemuda untuk membentuk ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi.

β€œKita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang,” Tambahnya.

Di akhir sambutannya Menpora mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa dan mengembangkan kerja-kerja kolaboratif antar pihak karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial maelainkan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.(Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *