Aksi Heroik Babinsa Koramil 1412-0/Lasusua Selamatkan Hewan Langka di Pesisir Pantai

Kolaka Utara -TEROBOSNUSANTARA.COM- Aksi heroik dilakukan anggota Babinsa Koramil 1412/03 Lasusua Serka Amrun. Bersama dua masyarakat menyelamatkan 2 ekor penyu besar yang sekarat terdampar di pesisir Pantai By Pass, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara. Rabu (12/10/2022).

Serka Amrun mengatakan, awalnya kedua penyu tidak sengaja dijumpainya saat berpatroli melintasi wilayah pesisir setempat. Hewan dilindungi ini ditemukan dalam posisi telentang dan sekarat.

“Dua orang pemuda dari organisasi PMII Kolaka Utara langsung mencegat saya dan menyampaikan ada penyu. Saya lihat dan kami bertiga spontan mendekat agar lekas mengangkat untuk melepasnya ke laut,” Ujarnya.

Tindakan itu segera dilakukan lantaran mereka melihat penyu sudah dalam kondisi sekarat terjemur selama berjam-jam dengan posisi telentang. Karena cukup berat, penyu ini hanya bisa digeser ke laut dan diperkirakan masing-masing berbobot mencapai 35 kg.

Sementara itu Komandan Kodim 1412/Kolaka Letkol Inf Paruhum Siregar menjelaskan disela-sela kesibukan kegiatan TMMD kami juga berpesan kepada Babinsa diharapkan mengedepankan tugas lainnya diluar tugas pokok sehari-hari seperti contoh apa yang dilakukan Babinsa sekarang ini.

“Tugas itu menjadi tanggungjawab kita bersama, karena hewan langkah seperti penyu adalah merupakan hewan yang dilindungi, karena Indonesia menjadi rumah bagi 6 penyu dari total 7 spesies yang tersisa di dunia, Ini pekerjaan rumah yang berat,” Jelasnya.(Hms/Red)

About Admin Redaksi

Check Also

Sat Tahti Polres Sidrap Juara 1 Dalam Inovasi Ruang Tahanan dan Pelaporan Tepat Waktu 

SIDRAP – TEROBOSNUSANTARA.COM-Kasat Tahti Polres Sidrap IPDA Muhammad Nur mendapat perhargaan sebagai Juara 1 Sat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *