News1  

Hadiri Acara Silaturahmi Kebangsaan, Wapres Sampaikan Tiga Pesan untuk ICMI

Jakarta,TEROBOSNUSANTARA.COM – Membangun ukhuwah (persaudaraan) dan meyambung silaturahmi merupakan hal yang sangat penting, baik di Indonesia maupun di tataran global. Sebab, keduanya merupakan modal dasar dalam mempererat solidaritas sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terpelihara. Oleh karena itu, ukhuwah dan silaturahmi harus terus dijaga, salah satunya melalui forum bersama seperti yang diinisiasi oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

“Cendekiawan muslim juga diharapkan tetap menjaga ukhuwah, baik sesama muslim maupun saudara sebangsa lainnya. Melalui forum ini, ICMI perlu memperkuat kesatuan internal, agar nantinya solid dalam menjaga persaudaraan di masyarakat Indonesia dan dunia,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara Silaturahmi Kebangsaan dan Halalbihalal ICMI di Jakarta, Senin (30/05/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, menjaga persatuan menjadi semakin penting saat ini dimana dunia sedang menghadapi zaman post truth atau pasca kebenaran, yaitu ketika kebenaran menjadi samar.

“Umat menjadi mudah terprovokasi oleh berita-berita di media sosial yang belum tentu teruji kebenarannya. Itu mengapa persatuan dan kesatuan bangsa ini perlu terus kita rawat bersama,” tegas Wapres.

“ICMI dan ormas-ormas Islam yang lain harus berperan menjaga umat agar tetap bersatu, sekaligus menjadikan umat Islam unggul di segala bidang,” tambahnya.

Untuk itu, pada kesempatan ini Wapres memberikan tiga pesan agar forum Silaturahmi Kebangsaan dan Halalbihalal ICMI dapat menjadi forum yang bermanfaat bagi seluruh umat.

“Pertama, Halalbihalal menjadi forum untuk mencari solusi dalam rangka mempersatukan dan memajukan umat, serta menentukan langkah strategis untuk menyiapkan generasi selanjutnya agar meningkatnya jumlah umat muslim tersebut tidak sia-sia,” urai Wapres.

Kedua, imbuhnya, ICMI harus terus memperkuat organisasinya agar solid sehingga mampu mengajak seluruh anak bangsa untuk bersatu, dan ikhlas bekerja membangun bangsa untuk meniti masa depan Indonesia yang gemilang, mulia, dan beradab.

“Ketiga, ICMI berperan aktif dalam memberikan gagasan-gagasan yang dapat membantu pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai tuan rumah G20,” imbau Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres kembali menekankan agar forum ini tidak hanya dijadikan sebagai upaya mempererat ukhuwah, tetapi juga sebagai sarana untuk menghasilkan gagasan-gagasan baru yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat luas.

“Saya juga berharap forum ini tidak hanya makin memperkuat solidaritas ICMI, tapi juga menghasilkan terobosan-terobosan baru bagi umat di seluruh dunia,” pungkas Wapres.

Hadir dalam acara ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Hidayat Nur Wahid, Ketua Dewan Penasehat ICMI Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum ICMI Arif Satria, Wakil Ketua ICMI di antaranya M. Najib, M. Jafar Hafsah, Prio Budi Santoso, Andi Anzhar Cakra Wijaya, Teuku Abdullah Sany, dan Riri Fitri Sari, serta Sekretaris Jenderal ICMI Andi Yuliani Paris.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Lukmanul Hakim, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sekretariat Wapres, M. Zulkarnain. (NN/RJP/SK- BPMI, Setwapres)

(AR/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *