oleh

Gubernur: Mendukung TNI Berarti Mendorong Percepatan Pemerataan Pembangunan

-News-34 views

Terobosnusantara.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyampaikan apresiasinya kepada jajaran TNI yang selalu hadir dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan bangsa, terutama di Sultra.

Pemerintah daerah di Sultra, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota berkomitmen untuk selalu mendukung berbagai langkah dan upaya untuk memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis TNI.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pemberian hibah lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton seluas lebih dari 100 hektar kepada TNI melalui Korem 143 Halu Oleo.

Lahan ini dipersiapkan untuk mendukung rencana pembentukan korem baru di wilayah kepulauan, dengan harapan ke depan dapat terbentuk sebuah komando daerah militer (Kodam) yang baru.

Hal itu dikemukakan Gubernur dalam sambutannya pada acara syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76 yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (5 Oktober 2021).

“Kami yakini dukungan tersebut dapat mendororng percepatan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sultra, yang insyallah berimplikasi positif bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan berkeadilan sosial,” kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, peran TNI tidak sebatas operasi militer, tetapi juga dalam kegiatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya. TNI senantiasa hadir dalam penanganan bencana alam dan non alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo Brigjen Jannie Aldrin Siahaan juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan pemerintah daerah di Sultra.

Menurut Danrem, hibah yang diberikan Pemkab Buton bukan sekadar hadiah ulang tahun, namun juga wujud kepercayaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Sultra.

Dijelaskan, tahun 2020 lalu, Pemkab Kolaka Utara juga menghibahkan tanah seluas 19,06 hektar untuk pembangunan Kodim Kolaka Utara. Lalu, di tahun 2021 ini, Pemkab Bombana juga menghibahkan lahan seluas 37 hektar untuk pembangunan Markas Kodim dan asrama, serta 10 hektar untuk pembangunan Kompi Yonif 725.

Selanjutnya, Pemkab Muna Barat menghibahkan tanah seluas 92 hektar lebih untuk pembangunan Kompi Yonif 725. Pemkab Konawe Utara juga seluas 5,3 hektar untuk pembangunan Koramil Langgikima dan Koramil Lamonae.

Dari Pemprov Sultra pada tahun 2020 lalu memberikan 50 unit sepeda motor untuk mendukung operasional. Di tahun 2021, pembangunan sarana pendukung berupa bangunan garasi, lapangan tenis, serta perbaikan lapangan apel Markas Korem.

“Bagi kami, tentu ini tidak saja menggambarkan kepedulian pemerintah kepada TNI, namun juga tingginya harapan masyarakat dan pemerintah kepada TNI dalam membantu meningkatkan keamanan wilayah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Danrem.

(AR/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed