oleh

Selamat Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia 2021


Terobosnusantara. Com-Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia, atau yang lebih dikenal sebagai World Day to Combat Desertification (WDCD) diperingati setiap tanggal 17 Juni, yaitu sejak ditetapkannya oleh Majelis Umum PBB melalui resolusi majelis Umum A/RES/49/115 di tahun 1994. WDCD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah degradasi lahan. Misi yang diemban adalah untuk mengingatkan manusia bahwa diperkirakan pada tahun 2025, paling tidak ada 1,8 milyar orang yang akan mengalami kelangkaan air, dan 2/3 penduduk dunia akan hidup dalam kondisi kekurangan air, pada tahun 2045 sekitar 135 juta orang akan berpindah tempat diakibatkan penggurunan.

Peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia tahun 2021 mengambil tema restoration, land, recovery. Peringatan kali ini difokuskan untuk mengembalikan lahan kritis menjadi lahan yang sehat dan produktif.

Pemulihan lahan kritis dapat memberikan dampak positif pada kehidupan. Dampaknya antara lain memberikan ketahanan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan.

Sedangkan di masa sekarang, pemulihan lahan secara tidak langsung ikut membantu memperbaiki kehidupan yang terdampak pandemi COVID-19.

Sejalan dengan Tema restoration, land and recovery 2021 PRORAKYAT BERSATU mencoba melakukan uji coba Riset dan Inovasi dengan pembuatan pembuatan pupuk cair dan pupuk takakura dari bahan sampah dapur yaitu sampah basah contohnya sayur2 buah2, nasi dll, ujar Kharina ( Ketua Bidang Kepemudaan dan Ekonomi Kreatif PRB )

Kharina menambahkan dengan ujicoba pupuk yang telah dibuatnya akhirnya dikembangkan dengan tanaman hidroponik dibawahnya dibuatkan kolam lele. Kami mencoba menanam slada yg umurnya satu minggu sampai sebulan satu minggu,” pungkasnya anak millenial ini dengan semangat kepada awak media.

Megawati ( Ketum PRORAKYAT BERSATU INDONESIA JAYA ) sangat mengapresiasi anak-anak millenial yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan ” Let’s Grow The Future Together ” untuk ikut bersama-sama mencarikan solusi dan mendukung program ketahanan pangan rakyat dengan menggunakan area yang minimalis ini.

(Red/Ril/AR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed