NEWS  

Perwakilan BKKBN Sultra Berkolaborasi Dengan DPPKB Kabupaten Bombana Gelar Penguatan Pencatatan dan Layanan KB

Terobosnusantara.com – Bombana  Upaya memperkuat pencatatan dan pelaporan pendampingan ibu hamil serta ibu pasca persalinan, serta memfasilitasi perluasan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB) di fasilitas kesehatan, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana melaksanakan kegiatan Pertemuan guna mengimplementasikan pelayanan program Bangga Kencana serta penguatan dan pendampingan ibu hamil pasca persalinan

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala DPPKB Kabupaten Bombana, Drs. H. Abdul Azis, M.Si, dan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, dr. Fitriani Abu Kasim, M.Kes, sebagai Ketua Tim Kerja Bidang KB KR. Acara ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader KB, penyuluh KB, serta bidan di fasilitas kesehatan. Kegiatan berlangsung pada hari Jumat, (7/6)

Dalam sambutannya, Kepala DPPKB Kabupaten Bombana, Drs. H. Abdul Azis, M.Si, menekankan pentingnya kerjasama dan Koordinasi antara Mitra kerja dalam hal ini tenaga bidan untuk meningkatkan program Bangga kencana. Serta Penguatan pendampingan bagi Ibu Hamil dan Ibu Pasca Persalinan sebagai langkah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta mengurangi stunting. “Tujuan dari pendampingan Ibu Hamil adalah untuk memastikan kesehatan ibu dan janin, serta memastikan penggunaan metode kontrasepsi pasca persalinan atau KBPP,” demikian ungkap H. Abdul Azis, M. Si.

Kegiatan ini juga fokus pada fasilitasi perluasan akses pelayanan KB di berbagai fasilitas kesehatan. Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, dr. Fitriani Abu Kasim, M.Kes, yang juga merupakan Ketua Tim Kerja Bidang KB KR, menekankan pentingnya penguatan pencatatan dan pelaporan sebagai dasar untuk pemantauan dan mengevaluasi Laporan pada aplikasi SIGA. “Dengan pencatatan dan pelaporan yang baik, kita dapat memastikan setiap ibu mendapatkan pendampingan yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak,” Kata dr. Fitriani Abu Kasim, M.Kes.

Para peserta yang hadir diberikan pengetahuan mengenai pencatatan dan pelaporan yang efisien, serta teknik pendampingan ibu hamil dan pasca persalinan. Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi terbaru mengenai kebijakan dan strategi nasional serta daerah dalam peningkatan akses layanan KB.

Diharapkan dengan kegiatan ini, upaya pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak serta meningkatkan kualitas hidup keluarga dapat tercapai dengan lebih efektif. “Kita semua memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan penurunan stunting serta menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak yang terlibat,” ujar dr. Fitriani.

Kegiatan ini menjadi langkah tepat dalam memperluas pelayanan kesehatan dan KB di wilayah tersebut. Dengan komitmen yang kuat dari seluruh peserta, diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat segera dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak serta akses layanan KB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *