NEWS  

Pemerintah Kabupaten Bombana Komitmen Netralitas ASN Harus di Jaga Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024

Terobosnusantara.comBombana  ASN (Aparatur Sipil Negara) harus memiliki Asas netralitas yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN di larang menjadi anggota dan /atau pengurus partai politik.ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Netralitas ASN merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga integritas dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat ASN harus tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayan masyarakat

Pemerintah Kabupaten Bombana, menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak tahun 2024.Hal ini sebuah momentum penting untuk seluruh ASN agar persoalan politik tidak mempengaruhi kinerjanya sebagai pelayan masyarakat dan mampu berkomitmen dengan fungsi dan tugasnya sebagai seorang ASN

Dalam upaya memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan, Pemerintah Kabupaten Bombana membuka ruang pengaduan melalui aplikasi SP4N Lapor, yang dapat diakses melalui link lapor.go.id atau website PPID Utama Kabupaten. Bombana pada link www.ppid.bombanakab.go.id yang dilengkapi dengan bukti dukung yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan membuka akses pengaduan melalui aplikasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Bombana berharap kepada seluruh masyarakat untuk memberikan informasi dan melaporkan segala bentuk pelanggaran netralitas ASN atau indikasi politik praktis serta penyalahgunaan wewenang yang dapat merusak integritas proses demokrasi.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CP PPID Utama Kabupaten Bombana 0852-9860-111. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bombana menjamin kerahasiaan identitas pelapor demi mencegah intimidasi atau represalias terhadap pihak yang memberikan laporan.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP), Diskominfos Kabupaten Bombana Fadlan, S.Si., MM menegaskan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga integritas dan netralitas ASN selama proses tahapan pilkada serentak tahun 2024.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah berlangsung secara adil dan transparan. Partisipasi masyarakat dalam melaporkan pelanggaran sangat kami harapkan untuk menciptakan iklim politik yang sehat dan berintegritas,” ujar Kabid IKP.

Lebih lanjut, Kabid IKP Fadlan kembali menegaskan terkait dengan identitas pelapor yang mengajukan aduan pada Aplikasi SP4N Lapor maupun website resmi PPID Utama Kab. Bombana, sangat terjamin kerahasiaannya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengajukan aduan terkait netralitas ASN maupun penyalahgunaan wewenang lainnya.

“Terkait identitas pelapor, kami sangat menjamin kerahasiaannya, jadi kami berharap masyarakat tidak perlu takut untuk melaporkan hal tersebut, karena ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah daerah agar integritas demokrasi di Bombana tetap bersih,” tegasnya..

Dengan langkah-langkah preventif ini, Pemerintah Kabupaten Bombana berharap dapat menciptakan iklim politik yang kondusif dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Kabupaten Bombana dan dengan wadah pengaduan yang diberikan oleh pemerintah setidaknya masyarakat mampu berkomitmen dan berkolaborasi dalam memberikan informasi dan tidak menebar berita hoax yang bisa mencindrai demokrasi yang akan berlangsung pada pemilihan kepala daerah yang akan digelar 27 November mendatang. (A.Sym)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *