Nikmati Mudik Gratis Aman Nyaman dan Efisien, PLN Berangkatkan 1.000 Pemudik dari Makassar

TEROBOSNUSANTARA.COM, MAKASSAR, — PT PLN (Persero) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Dengan tajuk ‘Mudik Asyik bersama BUMN 2024,’ PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) memberangkatkan 1.000 pemudik dari Makassar ke lima rute berbeda yaitu Malili, Palopo, Mamuju menggunakan bus dan tujuan Surabaya serta Bau-bau menggunakan kapal laut.

Ilham Ardi, pemudik tujuan BauBau turut mengapresiasi program mudik gratis tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada BUMN dan PLN atas penyelenggaraan mudik gratis. Semoga mudik gratis senantiasa terlaksana karena sangat membantu masyarakat. Kami juga mendoakan BUMN dan PLN akan semakin jaya dan maju ke depannya,” ucap Ilham Ardi.

Senada mahasiswa asal Kabupaten Malili, Fadli Nugraha mengaku sangat terbantu dimana di tahun-tahun sebelumnya ia terkendala untuk pulang kampung karena kesulitan dalam mendapat tiket bus dan harga tiket yang melonjak naik. “Tahun ini saya senang sekali karena BUMN bersama PLN mengadakan mudik gratis. Dengan program ini saya sangat terbantu untuk mudik dan bertemu dengan keluarga,” kata Fadli.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin mengaku bersyukur PLN dapat berkontribusi untuk membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. “Kami memahami bahwa momen mudik adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat. Kami berharap, dengan adanya program Mudik Asyik Bersama BUMN yang diselenggarakan oleh PLN ini, perjalanan akan menjadi lebih nyaman, aman dan efisien,” ujar Andy.

Diketahui, program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 ini merupakan bentuk implementasi bakti BUMN yang dilaksanakan sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN agar perayaan mudik aman, nyaman, lancar dan _zero accident_. Selain itu juga ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karena menggunakan moda transportasi massal dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Andy mencatat program Mudik Asyik Bersama BUMN yang dilaksanakan oleh PLN UID Sulselrabar merupakan program rutin tahunan yang dimulai sejak tahun 2019. Tercatat di tahun 2019, PLN UID Sulselrabar telah memberangkatkan 100 pemudik menggunakan moda transportasi kapal laut. Selanjutnya, di tahun 2023 diberangkatkan 500 pemudik dengan moda transportasi darat dan kapal laut. Lalu di momen mudik Idul Fitri tahun 2024 PLN memberangkatkan peserta pemudik yang meningkat 2 kali lipat atau naik 100% dari tahun lalu menjadi 1.000.

“Alhamdulillah, minat masyarakat sangat tinggi untuk dapat mengikuti program tahunan PLN bersama Kementerian BUMN ini. Semoga perjalanan bisa berjalan lancar sehingga seluruh peserta dapat segera berkumpul dengan keluarga di kampung halaman,” ujar Andy.

Andy juga menegaskan PLN akan terus bersiaga menjelang sampai dengan hari raya Idul Fitri 1445 H, PLN UID Sulselrabar menyiagakan 2.150 personel yang tersebar dalam 71 posko. “Petugas kami siaga 24 jam, kami menghimbau apabila terjadi gangguan masyarakat tidak perlu khawatir cukup melapor di aplikasi PLN Mobile agar cepat ditindaklanjuti,” pungkas Andy.

Andy memastikan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengguna kendaraan listrik yang ingin bepergian pada momen mudik lebaran, PLN telah menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar dalam 12 lokasi di Sulselrabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *