Anggota DPRD kota Makassar Abdul Wahid Gelar Sosper Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Hidup

TEROBOSNUSANTARA.COM, MAKASSAR– Anggota DPRD kota Makassar Abdul Wahid menggelar Sosialisasi Peraturan (Sosper) Perda nomor 2 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup di hotel Maxone, selasa (26/9).

Dalam sambutannya Abdul Wahid mengatakan setiap perusahaan mempunyai budget Corporate Social Responsibility (CSR) yang digunakan untuk membantu masyarakat.

Biasanya Perusahaan menyalurkan bantuan sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat utamanya masyarakat sekitar perusahaan. Bentuk bantuannya pun berbeda-beda setiap perusahaan ada yang dalam bentuk support sistem pada suatu kegiatan, ada juga yang berbagi secara langsung ke masyarakat.

“Oleh karena itu masyarakat wajib tahu aturan yang disusun dalam perda no.2 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup,” ujar anggota Dewan dari partai PPP kota Makassar.

Di tempat yang sama Kepala bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) PDAM Kota Makassar memaparkan tentang apa itu CSR dan manfaatnya baik untuk masyarakat maupun buat perusahaan itu sendiri.

Ia mengatakan manfaat CSR bagi masyarakat nyata dan bisa langsung dirasakan seperti ketika perusahaan membagikan sembako atau bingkisan atau bantuan sosial kepada masyarakat.

“Seperti saat ini PDAM sedang menyalurkan dan membagikan air bersih kepada masyarakat yang kekurangan air bersih, hingga saat ini PDAM telah menyalurkan air bersih sebanyak 3 juta liter” ucapnya.

“Sedangkan manfaat CSR untuk perusahaan selain perusahaan makin dikenal perusahaan juga makin berkah karena selalu membantu masyarakat sekitar,” sambungnya.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh General Manager Hotel Royal Bay Makassar Darwinsyah, ia mengatakan bahwa pentingnya kegiatan CSR disetiap perusahaan, selain untuk membranding perusahaan itu perusahaan wajib menyisihkan sebagian dari keuntungan perusahaan untuk dibagikan dan disalurkan ke masyarakat.

“Perusahaan jangan hanya memikirkan profit atau keuntungan saja tetapi bagaimana kelangsungan perusahaan jangka panjang,” katanya.

Sebagai GM hotel ia mengatakan program CSR yang rutin dilakukan seperti setiap jumat berkah berbagi makanan dengan masyarakat sekitar hotel dan pengguna jalan selain itu secara rutin juga mengadakan fogging bersama pemerintah setempat.

“Menariknya program jumat berkah yang membagi-bagikan makanan kepada masyarakat kami beli dari UMKM sekitar yang tiap minggunya kami gilir. Sebenarnya untuk makanan bisa kami siapkan dari kitchen hotel tetapi inilah bentuk CSR kami berbagi dan membantu masyarakat sekitar,” imbuhnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *