NEWS  

WAKIL KETUA BPK MEMAPARKAN OPERTIONALIZATION OF BIG DATA ANALYTICS DALAM 7TH MEETING OF INTOSAI WGBD  

TEROBOSNUSANTARA.COM-Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hendra Susanto menghadiri 7th Meeting of International Organization of Supreme Audit Institution Working Group on Big Data (INTOSAI WGBD) yang diselenggarakan di Kairo, Mesir, pada 13 – 15 September 2023.

Dihadiri lebih dari 65 peserta dari 26 lembaga pemeriksa atau Supreme Audit Institutions (SAI), pertemuan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta melakukan identifikasi tantangan dan kesempatan yang dihadapi dalam bidang audit terkait big data.

Pertemuan ini dibuka oleh SAI Mesir sebagai tuan rumah dan SAI RRT sebagai Ketua sekaligus Sekretariat INTOSAI WGBD.

Dalam pertemuan ini, Wakil Ketua BPK memberikan paparan yang berjudul Operationalization of Big Data Analytics.

Pada paparannya, Wakil Ketua BPK menjelaskan tentang tiga rencana strategis BPK dalam melaksanakan digital transformation yaitu implementasi proses bisnis digital, implementasi tata kelola teknologi informasi, dan implementasi Big Data Analytics (BIDICS). Disebutkan bahwa merupakan platform implementasi big data yang dikembangkan oleh BPK secara built-in-house.

BIDICS merupakan salah satu sarana diseminasi praktik analisa data untuk seluruh pegawai dengan komponen yang terdiri atas

(1) BIDICS Dashboard, (2) BIDICS Self-Service Analytics,

(3) BIDICS Engine,

(4) BIDICS Development,

(5) BIDICS Knowledge Management.

Pada akhir paparannya, Wakil Ketua BPK memberikan tiga saran guna meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar SAI, yaitu:

(1) Merancang diklat internasional tentang big data, termasuk pengetahuan di bidang data analytics dan artificial intelligence (AI);

(2) Merancang tata kelola implementasi big data yang dapat mengarah pada perancangan tata kelola AI, khususnya pemeriksaan atas lembaga pemerintahan; dan

(3) Mengatur kegiatan pertukaran ahli di antara anggota SAI untuk mempercepat implementasi big data dan pengembangan lebih lanjut.

Dengan mengambil topik Application of Big Data in Auditing, pertemuan ini menampilkan 16 paparan. Disela-sela pertemuan, Vice President dari SAI Mesir El Faisal Yousef, mengundang Wakil Ketua BPK bersama-sama dengan Deputy Auditor General SAI RRT Wang Benqiang, Deputy Comptroller and Auditor General SAI India, R.G. Viswanathan, Deputy Auditor General SAI Vietnam Bui Quoc Dung, Deputy Auditor SAI Kenya Isaac Kamau Nganga, dan Ministro SAI Brazil Johnathan Pereira de Jesus untuk melakukan executive meeting.

Dengan diketuai oleh Wakil Ketua, delegasi BPK dalam pertemuan ini antara lain Kepala Biro Teknologi dan Informasi Pranoto dan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Yudi Ramdan Budiman.(HMS/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *