oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Timur Ingatkan Peternak Sapi Waspadai PMK.

Sinjai – TEROBOSNUSANTARA.COM-Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Timur Bripka Muh. Sabir, S.Sos melaksanakan patroli dialogis dengan sejumlah warga peternak sapi diDesa Binaan, Senin (1/8/2022).

Patroli dialogis merupakan kegiatan rutin, terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain, dan khusus di Wilayah Kabupaten Sinjai sudah ada hewan ternak sapi yang terindikasi terkena PMK yakni di wilayah Kecamatan Bulupoddo.

Bhabinkamtibmas Bripka Muh. Sabir, S.Sos melaksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak diwilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pesannya.

“Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternak, dan memeriksakan hewan ternak ke dokter hewan,” Tambah Bripka Muh Sabir.

Salah seorang peternak sapi warga desa binaan menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas, “Terimakasih atas informasi dan saran masukannya, dirinya juga merasa khawatir dengan adanya wabah PMK ini, namun saya tetap rutin membersihkan kandang serta memeriksakan kesehatan hewan ternak ke dokter hewan semoga tidak ada ternaknya yang terjangkit PMK, Ucapnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Sinjai Timur Akp Andi Armadana, S.Sos menyampaikan terimakasih kepada seluruh bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berikan imbauan.

“Tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK sampaikan kepada peternak diDesa binaan untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan. Ujarnya

Selain itu, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya. Pungkas Kapolsek Sinjai Timur

(AR/RED)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed