oleh

Prodi S2 PPS UNM Menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Dan Bimbingan Proposal Tesis

-Edukasi, News-231 views

TEROBOSNUSANTARA.COM,Makassar-Program Pasca Sarjana(PPS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah dan bimbingan proposal tesis ,Minggu(26/9/2021).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh direktur program pascasarjana UNM bapak Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.pd.

Hamsu mengatakan ia memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan workshop ini,karena sebagai program studi yang masih sangat baru, ini adalah langkah awal yang sangat baik untuk membangun kultur dan sekaligus kualitas akademik mahasiswa prodi S2 psikologi.

Menurutnya mahasiswa angkatan pertama tahun 2020 akan menjadi contoh/model untuk angkatan selanjutnya ini sekalian menjadi pesan singkat Hamsu .

Oleh karena itu mahasiswa angkatan pertama harus mampu membangun karakter akademik yang baik.

Menurutnya karakter yang paling pertama dan utama yang harus dibangun adalah “KEJUJURAN AKADEMIK” sebagai tangga pertama dari 10 tangga menuju jalan kesuksesan berdasarkan hasil survey Thomas J Stanley, yaitu:
1) Kejujuran (Being honest with all People), 2) Disiplin keras (Being well-disciplined), 3) Mudah bergaul (Getting along with People), 4) Dukungan pendamping (Having a supportive spouse)
5) Kerja keras (Working harder than most people),
6) Kecintaan pada yang di kerjakan (Loving my career/business),
7) Kepemimpinan (Having strong Leadership qualities),
8) Kepribadian kompetitif (Having a very competitive spirit/Personality),
9) Hidup teratur (Being very well-Organized), dan
10) Kemampuan menjual Ide (Having an ability to sell my Ideas/Products).

Turut hadir pada kegiatan ini seluruh dosen pembimbing dan mahasiswa S2 Psikologi angkatan 2020 yang saat ini sedang dalam tahap penyususnan proposal tesis.

Disamping itu Direktur PPS-UNM juga menyampaikan kepada dosen pembimbing agar memberikan bimbingan, perhatian sepenuh hati, memudahkan komunikasi serta segala yang terbaik kepada anak-anak bimbingannya agar bisa selesai tepat waktu.

Sementara itu Kepala Prodi S2 psikologi Dr. H. Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga, atas support, motivasi, dan dukungan penuh terutama dari bapak rektor UNM Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP., I.PU., ASEAN, Eng direktur PPS-UNM Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd, bapak Wadir 1 Dr. Sulaeman Samad, M.Si, bapak Wadir 2 Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum, bapak Wadir 3 Prof. Dr. Anshari, M.Hum. Demikan pula dari seluruh pimpinan Fakultas Psikologi UNM, bapak dan Ibu dosen pembimbing.

Walau bagaimanapun psikologi sebagai prodi yang baru dituntut untuk segera membangun infrastruktur akademik yang baik agar kegiatan akademik berjalan baik sebagaimana mestinya.

Menurut Kaprodi Ahmad mengatakan tujuan workshop penulisan artikel ilmiah dan bimbingan proposal tesis adalah agar mahasiswa dapat mempersiapkan artikel ilmiah yang siap publish pada jurnal terakreditasi sebagai salah satu persyaratan penyelesaian studi, mahasiswa juga memeroleh bimbingan langsung dari dosen pembimbingnya.

Dalam kegiaatan ini mahasiswa memeroleh tiga materi, yaitu: 1) tema-tema actual penelitian bidang psikologi pendidikan dan perkembangan (Dr. Sulaeman Samad, M.Si: Wadir 1 PPS-UNM, 2) Strategi penulisan proposal tesis tepat waktu: Kaprodi S2 Psikologi dan 3) Penulisan Artikel Ilmiah berkualitas siap publish di jurnal Internasiona dan nasional: Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd., M.Pd: Editor in Chief EAST-UNM.

Kegiatan workshop ini dilakukan secara luring dengan menggunakan protocol kesehatan covid-19 sangat diapresiasi juga oleh mahasiswa S2 psikologi angkatan pertama Mudassir, S.Psi, Indra Wijaya, S.Psi, dan Bala, S.Psi, mereka mengungkapkan bahwa ini merupakan moment yang pertama kalinya bagi kami bertemu secara langsung dengan pimpinan, dosen pembimbing bahkan mereka baru berinteraksi serta berkenalan langsung diantara sesama mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi dan daerah setelah sekian lama berinteraksi secara daring (virtual) saja.
(Kimi/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed