oleh

Pelantikan Ketua TP-PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Muna Periode 2021-2026

-News-42 views

Terobosnusantara.com-Ny. Nur Endang Abbas mengambil sumpah Ny. Siti Leomo Bachrun, sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Muna, serta melantik Ny. Yanti Setiawati Rusman, sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Muna. Pelantikan tersebut disaksikan Bupati Muna LM. Rusman Emba dan Waki Bupati Muna H. Bachrun.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE. M.Si., selaku Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Sultra, sekaligus Penanggungjawab (Pj.) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Sultra, melantik Ny. Dr. Ir. Hj. Siti Leomo Bachrun, M.Si., sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Muna Periode 2021-2026, serta mengambil sumpah Ny. Yanti Setiawati Rusman, SE., M.Si., sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Muna untuk Masa Jabatan 2021-2026, di Ruang Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra Kamis 2 September 2021.

Sebagai Ketua Harian Dekranasda Prov. Sultra, Ny. Nur Endang Abbas, berharap, dalam 5 ( lima) tahun ke depan, Dekranasda Kabupaten Muna akan banyak mengukir prestasi dan keberhasilan, baik dalam pelaksanaan Program Dekranasda Kabupaten Muna dengan inovasi-inovasi yang mengedepankan kearifan lokal.

“Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Ķabupaten Muna agar terus digali dan dikembangkan, sehingga akan dapat dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan keluarga, dengan selalu melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan,” kata Ketua Harian Dekranasda Prov. Sultra Ny. Nur Endang Abbas.

Dekranasda Kabupaten Muna merupakan lembaga independen dan nirlaba yang hadir sebagai wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan di Kabupaten Muna.

Disampaikan juga oleh Ketua Harian Dekranasda Prov. Sultra Ny. Nur Endang Abbas, “tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Muna.”

Dilantiknya Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Muna, semoga bisa bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Para pengurus mempunyai kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan pengrajin-pengrajin yang ada di Kabupaten Muna, dan itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru akan sekaligus menampung tenaga kerja, sehingga mereka dapat memperoleh pengasilan, masyarakat akan sejahtera dan memenuhi harapan pemerintah,” ujar Ketua Harian Dekranasda Prov. Sultra Ny. Nur Endang Abbas.

TP-PKK Kabupaten Muna
Berselang beberapa menit setelah pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Muna, di tempat yang sama, Ny. Nur Endang Abbas, yang kali ini selaku Penanggungjawab (Pj.) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Sultra juga melantik Ny. Yanti Setiawati Rusman, SE., M.Si., sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Muna Masa Bakti 2021-2026.

Pelantikan tersebut juga dihadiri Bupati Muna LM. Rusman Emba, dan Wakil Bupati H. Bachrun, serta segenap Pengurus TP-PKK Kabupaten Muna.

Ny. Yanti Setiawati Rusman bukan sosok baru di kepemimpinan TP-PKK Kabupaten Muna. Sebelumnya Ny. Yanti Setiawati Rusman telah menjadi Ketua TP’-PKK Kabupaten Muna 2016-2021 dan sejumlah organisasi kewanitaan lainnya, baik di tingkat Provinsi Sultra atau Kabupaten Muna.

Dalam penyampaiannya, Pj. Ketua TP-PKK Prov. Sultra Ny. Nur Endang Abbas mengurai dasar pelantikan tersebut, yakni Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, dan telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Kelùarga, “bahwa dalam pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian memberikan dukungan dan berperan secara aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya.”

Lebih jauh disebutkan, bahwa selain dua peraturan tersebut, ada empat (4) Program Prioritas PKK yang perlu dan mendesak dilaksanakan saat ini, yakni: (1) Ekonomi Masyarakat; (2) Revolusi Mental; (3) Pelestarian Lingkùngan Hidup; dan (4) Memperkuat Pelayanan Dasar, seperti Kesehatan Sosial dan Pendidikan Dasar Msyarakat.

“Selain Program Prioritas tersebut, ada tiga (3) isu utama yang perlu mendapat perhatian saat ini dan mendesak untuk dilaksanakan, yakni: Penanganan Pendemi Covid-19, Penurunan Angka Stunting, serta Penguatan Ekonomi Masyarakat,” kata Pj. Ketua TP-PKK Prov. Sultra Ny. Nur Endang Abbas.

Bupati Muna LM. Rusman Emba pada kesempatan menyampaikan sambutannya, mengatakan akan mendukung penuh aktivitas TP-PKK dan Dekranasda melalui OPD yang terkait.

“Selamat kepada kepengurusan yang baru. Saya berharap kepengurusan ini memiliki kemampuan dan kompetensi untuk membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kabupaten Muna. Juga, mampu berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produksi buatan negeri sendiri, sehingga dapat mengembangkan Ekonomi Kreatif dan memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat,” kata Bupati Muna LM. Rusman Emba.(AR/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed