oleh

Bupati-Wakil Bupati Muna 2021-2026 Resmi Menjabat

-News-70 views

Terobosnusantara.com–Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Muna Periode 2021-2026, Rusman Emba-Bahrun Labuta, resmi menjabat setelah dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Kamis (2 September 2021) siang.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor131.74-4027 Tahun 2021 tanggal 31 Agustus 2021 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-265 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembacaan dilakukan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ilyas Abibu.

Hadir mendampingi Gubernur dalam pelantikan itu Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Sekretaris Daerah Nur Endang Abbas, unsur Forkopimda, Wakil Bupati Muna Periode 2016-2021 Muhammad Malik Ditu, sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Sultra dan Pemkab Muna. Acara pelantikan digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan ini. Gubernur menyatakan, masyarakat Sukltra, khususnya Kabupaten Muna merasa bangga dan bahagia menyambut kehadiran pemimpin daerahnya, dengan mandat, dan semangat kepemimpinan yang baru.

“Dengan pelantikan saudara berdua sebagai pemimpin daerah Kabupaten Muna, maka mulai saat ini saudara berdua bukan hanya milik sekelompok orang, tetapi milik seluruh masyarakat, khususnya warga masyarakat di daerah yang saudara pimpin,” kata Gubernur.

Ditambahkan, mulai hari ini (hari pelantikan), tidak ada lagi cerita mendukung dan atau tidak mendukung. Semuanya harus mendukung pasangan yang sudah dilantik. Semua kalangan harus menyatukan niat, dan menyelaraskan gerak langkah nyata.

Selain itu, tambah Gubernur, bagi bupati dan wakil bupati terpilih, momentum pelantikan ini, mesti dimaknai sebagai awal dimulainya merealisasikan janji-janji politik yang telah disampaikan pada saat kampanye di pilkada tahun 2020 yang lalu.

“Saudara berdua harus bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di seluruh pelosok di daerah yang saudara pimpin, bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan yang baik, yang melayani dan bukan untuk dilayani,” tegas Gubernur.

Di akhir sambutannya, Gubernur selaku pembina pemerintah kabupaten/kota mengharapkan Bupati dan Wakil Bupati Muna bersama seluruh jajaran birokrasi, legislatif dan TNI/Polri, stakeholders terkait lainnya dan seluruh masyarakat, dapat bahu membahu dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan.

“Mari membangun Kabupaten Muna dengan berpijak pada pesan falsafah leluhur yaitu, dapo moa moa sioho (saling mengasihi), dapo angka-angkatau (saling menghormati), dapo adha-adhati (saling menghargai), dapo pia-piara (saling asah, asih, asuh dan tenggang rasa), so kae tahaano liwu, so kataano namisi (untuk kemajuan daerah dan untuk kebaikan bersama),” pungkas Gubernur.(Red/AR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed