oleh

Di Masa Pandemi Covid-19 Dinas Koperasi, UKM Dan Tenaga Kerja Bekali Pelaku UMKM Sinjai Pengetahuan ‘Marketing Digital’

SINJAI -Terobosnusantara.com- Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya dorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi Covid-19, melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai selaku leading sektor terus mendukung keberlangsungan para pelaku UMKM. Salah satu bentuk dukungan itu yakni melalui pembinaan, edukasi, promosi hingga permodalan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, A. Ilham Abubakar saat ditemui, Senin (16/8/2021) mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak luas terhadap perekonomian masyarakat. Bahkan hampir seluruh sektor ekonomi terdampak, termasuk UMKM.

“Kita ketahui kendala yang paling dirasakan para pelaku UMKM yaitu kurangnya daya beli masyarakat, tapi dengan kejelian pelaku usaha melihat situasi, maka hingga kini UMKM masih bisa bertahan meski harus menghadapi berbagai kendala,” ujarnya.

Untuk itu kata Ilham, pemanfaatan marketing digital untuk meningkatkan cakupan layanan pemasaran pelaku UMKM sangat penting agar usaha mereka tetap tumbuh dan berkembang.

Marketing digital ini merupakan bagian dari upaya mengenalkan produk UMKM dan menajamkan penjualan kepada konsumen potensial. Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap pelaku UMKM di Sinjai agar mereka bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19.

“Upaya yang kita lakukan bagi pelaku UMKM di pandemi ini dengan mendorong mereka memperbaiki segmen pemasaran, apalagi dengan diterapkannya PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) otomatis aktifitas  jual beli secara langsung agak sulit karena terbatas ruang dan waktu sehingga kita alihkan ke digital martketing,” jelasnya.

Untuk mendukung upaya ini,  lanjut A. Ilham, pihaknya melakukan pelatihan kepada pelaku UMKM secara bertahap dengan melibatkan pihak ketiga agar mampu memanfaatkan pemasaran secara digital.

“Kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM selama ini adalah penguasaan teknologi,  sehingga kita lakukan pembinaan dan pelatihan dengan melibatkan pihak luar. Seperti yang baru-baru saja kita laksanakan dengan melibatkan organisasi Karang Tarun. Hal ini kita lakukan secara bertahap,” tandasnya.

Selain mendorong untuk memanfaatkan digital marketing, Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai juga terus melakukan berbagai pembinaan kepada para pelaku UMKM Sinjai agar kualitas produk yang dihasilkan bermutu serta melakukan pendampingan untuk mendapatkan bantuan permodalan selama pandemi yang diberikan dari pemerintah pusat.

Ilham yang juga selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai mengharapkan pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan produk yang berkualitas, meningkatkan layanan masyarakat serta memanfaatkan  jaringan media sosial dalam promosi dan pemasaran produk.

“Mereka harus lebih kreatif, punya inovasi dan memanfaatkan jaringan marketing digital secara luas, dengan begitu akan memudahkan pemasaran produk yang dihasilkan dan secara tidak langsung akan membuka lapangan kerja baru,” pungkasnya.(Red/Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed