oleh

PANCASILA pemersatu dan Perekat Bangsa Indonesia


Terobosnuntara. Com-Tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila, dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke

Pada 76 tahun lalu, tepatnya 1 Juni 1945, di dalam salah satu ruangan gedung yang kini dikenal sebagai Gedung Pancasila, Bung Karno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia merdeka.

Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” kata megawati (KETUM PRB Indonesia jaya )

Megawati juga mengajak untuk menjadikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran bangsa Indonesia, karena ini juga menegaskan akan pentingnya bangsa Indonesia meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi. Selain itu, Megawati juga mengejak segenap warga untuk senantiasa menjaga persatuan dan semangat gotong royong melawan pandemi Corona yang selama ini Belum berhenti “Kita harus terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin. Megawati juga mengajak masyarakat untuk bergotong-royong menggapai keadilan sosial dan melawan pandemi corona “Semangat gotong-royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” tegas Megawati. “Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul dan tangguh.” “Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” ujarnya.

Logo Prorakyat Bersatu Indonesia Jaya menurut Megawati menggunakan simbol gambar Bung Karno adalah Sosok Sang Proklamator dan pencetus PANCASILA yang mengingatkan agar menjadikan momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 sebagai momen refleksi dan aktualisasi nilai-niai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

(Red/Ril/AR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed