oleh

Lancarkan Jalan Usaha Tani di Wilayah Sebagai Bentuk Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Kolut,Terobosnusantara.Com-Wujud peduli serta peran babinsa lancarkan jalan usaha tani di wilayah, tampak terlihat dilakukan oleh Babinsa Lapolu Koramil 1412-03/Lasusua Kodim Serda Irtang bersama anggota koramil lainnya dengan warga binaannya melaksanakan kegiatan karya bhakti dalam pembuatan pengecoran Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1200 m dengan lebar 80 cm tebal 13 cm, di Dusun 5 desa Lapolu Kec.Tiwu kab Kolaka utara Prov Sultra Senin (12/04/21).

Babinsa Lapolu Koramil 1412-03/Lasusua Serda Irtang menjelaskan perbaikan JUT itu bertujuan untuk mempermudah petani menjangkau lahan kebunnya termasuk membawa dan menjual hasil perkebunannya keluar dari kebun
Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Akses jalan yang kurang memadai membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian terhambat karena waktu banyak terbuang di jalan.

“Pada saat musim panen tiba petani selalu terkendala oleh jalan, sering kali petani harus bersusah payah melalui jalan yang kurang layak dalam mengangkat hasil panen, begitu pula sebaliknya saat bercocok tanam. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini jalan menjadi becek dan digenangi air sehingga diperlukan penanganan segera agar proses produksi pertanian tidak terganggu” Ungkap Babinsa.

Dengan adanya pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) ini, tentunya masyarakat, terutama bagi petani tak lagi kesulitan membawa hasil dari pertanian pada saat musim panen tiba, jelasnya.

Lanjutnya, karya bhakti ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat. Kehadiran Babinsa sebagai penyemangat dalam bekerja bersama membangun Jalan Usaha Tani (JUT).

Ditempat yang terpisah Kapten Inf. Sudarto Danramil 1412-03 /Lasusua,mengatakan peran aktif Babinsa menjadi pelopor serta penyemangat bagi masyarakat dalam melaksanakan karya bhakti terutama di desa binaannya, seperti dalam pembuatan JUT ini, dimana akses jalan untuk memudahkan petani ke sawah atau ladang mereka.

Kegiatan kerja bhakti bersama petani tersebut selain dalam rangka mensukseskan program upsus swasembada pangan, Babinsa juga menanamkan nilai kepedulian, nilai kegotong-royongan di masyarakat serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kegiatan ini juga salah satu bentuk Dharma bhakti Koramil dalam melaksanakan tugas Binter di wilayah Koramil untuk membantu masyarakat.

(Red/Ril/Andri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed