Site icon Terobos Nusantara

Tampa Ijin,Foto Ketua AWI Disebar Kadis Perkimtan Minta Maaf  

Kendari.TEROBOSNUSANTARA.COM – Sempat ribut perihal penyebaran foto Ketua Aliansi Wartawan Indonesia Sultra (AWI) Sultra. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari (Kadis Perkimtan) mengaku tidak menyangka, jika hal ini sampai meluas dan nyaris menimbukan keributan.

Sebelumnya, 3 orang wartawan sedang melakukan penelusuran terkait sebuah kasus yang melibatkan seorang ibu, dengan keterbatasan pendidikan, dan beberapa orang Pegawai Negeri Sipil di ruang lingkup Dinas Perkimtan Kota Kendari. Para wartawan tersebut yakni Ketua Aliansi Wartawan Indonesia Sulawesi Tenggara (AWI SULTRA), Fianus Arung, Pimpinan Redaksi UraianNews.id/UNews, M. Nurlan Ronga dan seorang wartawan Pena Sultra.id, Husain.

Awalnya ketiga wartawan tersebut mendatangi Polda Sultra dan meminta keterangan terkait penanganan kasus yang tengah menjadi buah bibir dikalangan jurnalis. Usai dari Polda Sultra, kemudian mereka ke Dinas Perkimtan Kota Kendari, sebab berkaitan dengan kasus yang sedang viral.

Saat diruangan, Kepala dinas (kadis) Perkimtan Kota Kendari, sempat minta ijin untuk mengambil dokumentasi foto pada saat pertemuan tersebut berlangsung. Seusai pertemuan, ketiga wartawan pun pulang dan berpamitan seperti biasa ketika usai berkunjung. Nanti setelah sore hari pada, Selasa, 7 Februari 2023, barulah foto tersebut diributkan di grup-grup wa, yang membuat Ketua AWI Sultra Fianus Arung merasa marah atas kejadian itu.

“Saya marah lah. Foto orang disebarkan tanpa ijin pemilik dan menimbulkan komentar-komentar tidak elok, itukan kurangajar namanya. Saya bersama rekan-rekan seprofesi, sempat mencari beberapa dari sesama jurnalis yang diduga mengejek. Untunglah ga ada yang ngaku dan orang nya ga ketemu. Tapi sudahlah, itu jadi pembelajaran bagi siapa saja untuk tidak ceroboh dalam bertindak. Sebab kita tidak tau pada siapa hal itu akan berdampak,” Fian sapaan akrab Ketua AWI Sultra, mengungkapkan.

Pada Minggu, 12 Februari, Kadis Perkimtan Kota Kendari menghubungi pimpinan Redaksi UNews, untuk bertemu dan menjelaskan duduk persoalan yang sebenarnya. Pada pertemuan itu, hadir juga pimpinan redaksi Storynews bersama Ketua AWI Sultra, untuk mendengarkan penjelasan dari Kadis Perkimtan Kota Kendari.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Pertama-tama saya secara pribadi minta maaf atas kejadian yang sempat diributkan beberapa hari lalu. Jujur, saya tidak pernah menyebarkan foto Ketua AWI. waktu itu saya hanya memperlihatkan foto tersebut pada seorang wartawan. Tanpa sepengetahuan saya, foto itu sudah tersebar dan menjadi keributan. Intinya ini hanya salah paham. Saya sekali lagi minta maaf pada rekan-rekan jurnalis yang sudah merasa tidak nyaman atas kejadian tersebut,” pungkas Kadis Perkimtan.

Dalam pertemuan itu juga, Fianus Arung Ketua AWI Sultra, menyambut baik permintaan maaf yang disampaikan secara langsung oleh Kadis Perkimtan.

Ketua Aliansi Wartawan Indonesia Sulawesi Tenggara

“Saya sangat menghargai tindakan yang dilakukan oleh Kadis Perkimtan Kota Kendari. Tidak semua orang mau dengan rendah hati datang untuk minta maaf dan beri penjelasan. Semoga saja kedepannya, karir beliau makin baik,” tutupnya.(AR/Red)

Exit mobile version