News1  

Dinas Kominfo-KPID Sultra Mantapkan Persiapan Rakornas KPI

Terobosnusantara.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) memantapkan persiapan penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI, dimana Sultra ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara.

Dalam rangka mematangkan persiapan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Ridwan Badallah didampingi Kepala Bidang Data Center Dinas Kominfo Andi Asnawati Achmad bersama dengan dua komisioner KPID Sultra, Wa Ode Nur Iman dan Asman, menggelar pertemuan dengan jajaran KPI Pusat di kantor KPI, Jakarta, Selasa (12 April 2022).

Sementara dari pihak KPI Pusat hadir antara lain Ketua KPI Agung Suprio bersama salah seorang komisioner, Irsal Ambia, serta didampingi oleh Sekjen KPI Umri.

Pembicaraan utama terkait penyelenggaraan Rakornas menyangkut penentuan waktu pelaksanaan, mengingat masa bakti komisioner KPI periode 2019-2022 akan berakhir pada bulan Juli mendatang. Direncanakan, Rakornas dapat terlaksana paling tidak pertenghan Juli mendatang.

“Rakornas ini sesunguhnya lebih banyak mengagendaan pertemuan. Lebih banyak ke pembahasan internal, sehingga lebih banyak orang yang terlibat,” kata Komisioner KPI Irsal Ambia.

Dijelaskan, Rakornas KPI akan dihadiri oleh seluruh komisioner dari 34 provinsi se-Indonesia. Ditambah dengan kesekretariatan masing-masing KPID. Selain itu, juga terdapat peserta dari KPI Pusat. Rencananya, akan mengundang Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin untuk membuka acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah mengatakan, akan mengupayakan fasilitasi kegiatan itu dapat dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli. Hasil rapat ini akan segera dilaporkan ke Gubernur dan Sekretaris Daerah Sultra untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

“Kita upayakan Rakornas kita selenggarakan di bulan Juli karena bulan Juni tidak memungkinkan lagi, sebab kita juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan GTRA Summit di Wakatobi. Bapak Presiden dijadwalkan hadir pada acara tersebut sehingga kita fokus untuk menyukseskan kegiatan itu terlebih dahulu,” kata Kepala Dinas Kominfo.

Sementara itu, komisioner KPID Sultra Wa Ode Nur Iman mengungkapkan, Rakornas mendatang akan didesain dengan beberapa acara lain untuk memeriahkan kegiatan.

“Kita akan coba desain konsep acara dengan menampilkan kearifan lokal serta potensi yang dimiliki Sultra. Jadi, selain rapat dan pertemuan, peserta juga akan menikmati penampilan seni budaya serta pariwisata Sultra,” katanya.

Rakornas KPI merupakan agenda tahunan yang digelar KPI Pusat untuk membahas isu-isu strategis terkait penyelenggaraan penyiaran nasional. Beberapa keputusan penting dituangkan menjadi rekomendasi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan.

(AR/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *