BI Bersama Perumda dan Dinas Perdagangan Launching Program Pasar Sehat Pakai QRIS Di Pasar Kampung Baru

TEROBOSNUSANTARA.COM.MAKASSAR-Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar Raya melakukan launching Piloting Program Pasar dan Pusat Belanja SIAP QRIS pada 13 Desember 2021 di Pasar Kampung Baru Makassar.

Launching piloting program SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru dan 3 (tiga) mall, yaitu Mall Transmart, Mall Nipah dan Mall Panakukkang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Walikota Makassar, Ibu Fatmawati Rusdi.

Program SIAP QRIS merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan terkait penggunaan QRIS baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan (mall) dalam upaya mendukung program Digitalisasi Pasar Rakyat, yang ditindak lajuti dengan Launching Piloting Program Pasar SIAP QRIS di pasar dan mall dimasing-masing daerah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Pasar Kampung Baru Makassar.

Bantuan PSBI tersebut merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan Program Digitalisasi Pasar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Perbankan, Pengelola Pasar serta Asosiasi Pedagang untuk memfasilitasi pembayaran non tunai diantaranya menggunakan kanal pembayaran QRIS.

Khusus piloting Program Pasar SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar dan 3 mall, Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersinergi dengan Dinas Perdagangan, Bank Rakyat Indonesia, Bank Sulselbar, Perumda Pasar Makassar Raya, Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Asparindo) di Makassar dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulawesi Selatan dan Barat.

Pada sambutannya, Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Causa Iman Karana, menyampaikan, “Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital dan implementasi QRIS, termasuk di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Untuk mewujudkan Digitalisasi Pasar melalui program SIAP QRIS, diperlukan sinergi dan komitmen dari berbagai pihak, yaitu Pimpinan Daerah dan jajaran Dinas terkait, perbankan serta asosiasi pengelola pasar dan pusat belanja.

Utamanya, dukungan Pimpinan Daerah berperan penting untuk mewujudkan seluruh pasar dan mall SIAP QRIS. Oleh karena itu, Bank Indonesia mengapresiasi dukungan Walikota Makassar yang telah menerbitkan kebijakan berupa Surat Edaran No. 510/593/S.Edar/Disdag/XI/2021 tanggal 15 November 2021 perihal program SIAP QRIS di Wilayah Kota Makassar.”

Pasar Kampung Baru merupakan salah satu pasar di Makassar yang telah mengimplementasikan QRIS. Saat ini, telah lebih dari 80 pedagang pasar (90%) menerima pembayaran non tunai melalui QRIS.

Pada kesempatan yang sama, Perumda Pasar Makassar Raya sebagai Pengelola Pasar Kampung Baru turut me-launching aplikasi Baruga Pasar yang merupakan aplikasi daring untuk memasarkan produk pedagang pasar secara online.Ke depan, implementasi QRIS akan difasilitasi hingga untuk pembayaran parkir dan retribusi.

QRIS sendiri telah diluncurkan Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019, dan mulai efektif diimplementasikan secara nasional pada 1 Januari 2020.

Pada tahun 2021, Bank Indonesia menargetkan implementasi 12 juta QRIS secara nasional, dimana telah tercapai per 12 November 2021 sebanyak 12,5 juta merchant pengguna QRIS.

Provinsi Sulawesi Selatan menempati posisi ke-7 provinsi dengan jumlah merchant tertinggi, yaitu sebanyak 469.569 merchant. Sebanyak 82,13% dari total QRIS Sulsel saat ini merupakan merchant dengan kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dengan capaian tersebut, Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih predikat Provinsi dengan implementasi QRIS terbaik di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua. Dari jumlah merchant tersebut, Kota Makassar menyumbang sebesar 49,1% atau sebanyak 230.489 merchant.

Jumlah tersebut tumbuh 152% (yoy), lebih tinggi daripada pertumbuhan nasional yang mencapai 144% (yoy).

(Kimi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *