News1  

Yatim dan Alami Infeksi Paru, Anak Usia 6 Tahun Terima Bantuan Korem 143/HO

Kendari -Terobosnusantara. Com- Korem 143/HO menyerahkan bantuan biaya pengobatan dan bahan makanan ananda Muh Rifa’i (6), seorang anak yatim yang mengalami sakit infeksi paru sejak bayi,

Hal ini dikatakan oleh Plh Kpenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail salam rilisnya Kendari, Sultra Selasa(3/08/2021)

Rusmin ungkapkan, bantuan biaya pengobatan dan bantuan sosial bahan makanan yang diserahkan ke Muh. Rifa’i merupakan hasil donasi dari prajurit, PNS dan Persit Kartika Candra Kirana di wilayah jajaran Korem 143/HO.

“Empati yang dirasakan, mendorong personel TNI AD dan anggota Persit untuk turut peduli dalam membantu kesulitan yang dialami oleh ananda Muh Rifa’i dan keluarganya,”ujar Rusmin memulai pembicaraan.

Tidak saja cukup dengan mengatakan kasihan, lanjutnya, kami prajurit pun sebagai mahluk sosial merasakan kesedihan dan kesulitan yang dialami Ibu Hartian (23) yang merawat Rifa’i dalam kondisi sakit sejak usia 1.5 bulan.

“Baru terkumpul Rp. 16.650.000,- untuk bantu pengobatan dan tadi sudah diserahkan. Saat ini, pengumpulan donasi dari KBT TNI AD di Sultra pun masih berlangsung dan akan kita teruskan pada kesempatan berikutnya,”ujar Rusmin.

“Ini tentu dapat dikatakan tidak seberapa namun setidaknya sebagai bagian dari masyarakat Sultra, Prajurit TNI AD harus senantiasa turut terlibat dan peduli membantu kesulitan yang dialami saudara kita ,”tandas Rusmin.

Sementara itu, usai penyerahan bantuan bersama para pejabat utama Korem dan Dandim jajaran 143/HO, Kasi Pers Kasrem 143/HO Kolonel Arh Saptarendra P katakan bahwa pemberian bantuan itu berawal dari informasi yang di share oleh wartawan di grup WhatsApp.

“Tadi Danrem 143/HO,. Brigjen TNI Jannie A. Siahaan akan menyerahkan, tapi karena ada kegiatan yang tidak bisa ditunda maka beliau berhalangan hadir,”ujar Sapta

Memperihatinkan memang, lanjut Sapta, di tengah Pandemi COVID-19 keluarga Ibu Hartian yang telah ditinggal suaminya sejak 3.5 lalu dengan tekun merawat anaknya yang mengalami sakit seperti itu sejak ananda Rifa’i berusia 1.5 bulan.

“Video yang beredar di grup WhatsApp dari kawan-kawan wartawan tidak saja membuat kita iba, tapi juga menyadarkan kita semua bahwa masih ada di antara kita yang membutuhkan uluran tangan,”tambah dia.

Atas bantuan yang diberikan jajaran Korem 143/HO, Sapta berharap dapat menggugah berbagai pihak untuk ikut serta membantu Rifa’i maupun anak-anak yang mengalami hal serupa.

“Tadinya akan kami arahkan ke RS Korem, namun ternyata di sana tidak ada dokter spesialis paru sehingga dengan bantuan pengobatan ini bisa membantu Rifa’i berobat dan lekas sembuh,” tandasnya.

Terpisah, Hartian, ibunda Muh Rifai jelaskan bahwa putranya telah menderita penyakit itu sejak dilahirkan dan saat ini setiap bernapas, dia selalu mendengkur.

“Saat lahir sudah begini memang. Pernah dibawa di Puskesmas Puuwatu, RS Bhayangkara, Korem dan Bahteramas tapi belum ada yang bisa menangani dirinya,” kata Hartian.

Kemudian, istri alm Muslan ini katakan bahwa dirinya ingin membawa sang anak untuk operasi

“Sejak COVID, saya kesulitan untuk berobat. Beruntung beberapa waktu lalu diantara Pak Babinsa (Serda Indra Jaya), sehingga kami merasa terbantu sekali.,”ujar Hartian.

Untuk memenuhi kebutuhan harian dan berobat, Hartian katakan bahwa dia ditanggung oleh sang Bapak yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan.

“Mau seberapa juga gajinya bapak ku. Pas-pasan juga dia dapat uang dalam sehari,Tak ada pilihan lain, saya hanya bisa menghabiskan waktunya di dalam rumah sembari menjaga si buah hati dengan obat-obatan seadanya.” ujarnya Hartian terharu.

Masih di tempat yang sama, sang kakek, Haidir (52) tampak tidak mampu menutupi rasa haru saat menerima bantuan pengobatan dari Korem 143/HO.

Haidir katakan, selaku buruh bangunan dirinya bisa mengumpulkan uang sekitar Rp. 1 juta per bulan dan itu pun tidak tetap.

“Untuk kebutuhan per Minggu Rifa’i saja sekitar Rp. 500 ribu. Saya pun dibantu saudara-saudara. Kemudian untuk mengantar Rifa’i, kami bersyukur ada Pak Babinsa yang mengantar ,”ujar Haidir.

“Sekali lagi, terima kasih bapak-bapak Korem yang telah membantu kami.,”pungkas bapak dari 4 orang anak itu sembari terharu.

Untuk diketahui, selain menanggung Hartian dan cucunya, Haidir masih menanggung 3 orang yang saat ini masih sekolah di bangku kelas 3 SMA, 2 SMP dan 6 SD.(Red/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *