News1  

BUKTI FISIK AKREDITASI SEKOLAH SD,SMP,SMA/SMK TAHUN 2021/2022

Jakarta,Terobosnusantara.com-Akreditasi sekolah sangat penting bagi setiap satuan pendidikan sebab dengan melakukan akreditasi maka sekolah akan memperoleh nilai yang menjadi bukti bahwa sekolah tersebut sudah benar-benar dapat diakui kualitasnya oleh penyelenggara pendidikan. Nilai yang diberikan oleh tiap-tiap sekolah yang sudah berhasil melakukan akreditasi dinyatakan dalam bentuk huruf yakni nilai A yang artinya bahwa sekolah tersebut terakreditasi sangat baik, nilai B yang artinya sekolah tersebut terakreditasi baik, nilai C yang artinya bernilai cukup dan nilai D yang artinya sekolah tersebut tidak terakreditasi.

Manfaat yang diperoleh bagi setiap satuan pendidikan yang telah melakukan akreditasi yaitu dimana
Hasil dari akreditasi sekolah akan bermanfaat sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah.
Akreditasi juga bermanfaat sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah.
Selain itu dengan memiliki nilai akreditasi maka hal tersebut dapat menjadi motivator agar sekolah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Selain manfaat dari akreditasi fungsi dari dilakukannya akreditasi yaitu dari aspek pengetahuan dimana merupakan sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah dilihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya.
Dari segi akuntabilitas yaitu merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban sekolah sebagai lembaga pelayanan publik
Sedangkan dari aspek pembina dan pengembangan yaitu merupakan dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, sekolah, dan masyarakat dalam upaya melakukan pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu sekolah.

Untuk melakukan kegiatan akreditasi pada satuan pendidikan baik jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka terlebih dahulu harus mengisi dan mempersiapkan instrumen yang terdiri dari 8 standar yaitu :

  1. Standar isi
  2. Standar proses
  3. Standar kompetensi lulusan
  4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Standar sarana dan prasarana
  6. Standar pengelolaan
  7. Standar pembiayaan
  8. Standar penilaian

Ke delapan jenis standar tersebut wajib untuk di isi dan di sesuaikan dengan apa yang ada dan terjadi pada sekolah yang akan di akreditasi sehingga tim visitasi nantinya dapat dengan mudah melakukan proses penilaian sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Baiklah, sesuai dengan judul pada artikel di atas, maka kini saatnya saya akan membagikan bukti fisik akreditasi terbaru untuk sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013, dimana bukti fisik akreditasi sekolah yang akan saya bagikan ini terdiri dari :

a. Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum 2013
b. Format daftar lulusan 1 tahun terakhir
c. Format data pendidik dan tenaga kependidikan
d. Format data siswa untuk setiap kelas
e. Format data sarana dan prasarana
f. Berita acara workshop pengembangan silabus K13
g. Daftar cek list mapel yang memiliki silabus
h. Format instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung (IPDIP) akreditasi tahun 2020/2021.

Bagi anda yang membutuhkan bukti fisik akreditasi diatas maka silahkan anda download bukti fisik akreditasi tahun tersebut pada judul dibawah ini :
• Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum 2013 (disini)
• Format daftar lulusan 1 tahun terakhir (disini)
• Format data pendidik dan tenaga kependidikan (disini)
• Format data siswa untuk setiap kelas (disini)
• Format data sarana dan prasarana (disini)
• Berita acara workshop pengembangan silabus K13 (disini)
• Daftar cek list mapel yang memiliki silabus (disini)
• Format instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung (disini)
• Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan IASP Tahun 2020 (disini)

Seluruh file diatas saya buat dalam format word dan excel sehingga dapat dengan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan disekolah bapak dan ibu guru masing-masing.
Demikianlah file dari bukti fisik akreditasi terbaru yang dapat saya bagikan pada artikel ini semoga apa yang telah saya bagikan tersebut sungguh benar-benar dapat bermanfaat bagi sekolah bapak dan ibu guru yang saat ini akan melakukan kegiatan akreditasi sehingga seluruh proses akreditasi tersebut dapat berjalan dengan lancar serta dapat memperoleh nilai yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

LP : M.nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *